Sekedar sharing... Pernahkah Anda bertanya di suatu group facebook, namun tidak dijawab oleh seorang pun? Atau mungkin malah ada yang meledek Anda?
Jangan kaget, cara Anda bertanya dapat sangat mempengaruhi respons yang akan Anda dapatkan. Jika cara Anda benar, maka di group yang sama bisa jadi malah orang-orang seperti menjadi saling berebutan untuk membantu Anda.
Anda hanya perlu menempatkan diri Anda pada posisi mereka (anggota-anggota group lainnya), dan berpikir, kira-kira pertanyaan seperti apa yang saya akan jawab dengan senang hati?
FAKTA UTAMA:
Para member group saling membantu satu dengan lainnya tanpa bayaran. Kebalikannya, justru mereka mengorbankan waktu dan pikiran untuk menolong Anda.
Buatlah agar mereka merasa tergerak untuk menjawab pertanyaan Anda, dengan melakukan langkah-langkah berikut ini.
1. Persiapan sebelum bertanya:
a. Coba baca lagi dokumentasi produk tersebut baik-baik.
b. Coba cari dahulu jawabannya dengan mencarinya di Internet (via Google, dan lain-lain).
c. Coba cari jawabannya di dokumentasi dari group tersebut (kalau jawabannya sudah ada di dokumentasi kadang-kadang orang akan menjadi jengkel dengan pertanyaan Anda).
d. Dan seterusnya pada intinya; jangan lupa tunjukkan bahwa Anda sudah berusaha untuk memecahkan masalah tersebut. Karena jika Anda tidak menyertakan bukti-bukti usaha Anda, maka orang lain cenderung melihat Anda sebagai pemalas dan tidak merasa tergugah untuk membantu Anda.
e. Cari tahu tempat yang tepat untuk menanyakan pertanyaan Anda tersebut. Misalnya, sudah tahu group iPhone tapi kok tanya tentang Android bukan hanya diabaikan, tapi justru malahan akan mengundang kecaman, jika posting pertanyaan OOT di group tersebut. kecuali jika memakai tag OOT terlebih dahulu.
f. Cross-posting (memposting pertanyaan ke banyak group sekaligus) cenderung membuat orang menjadi malas menjawab pertanyaan Anda ("ah, paling group anu yang akan menjawabnya"), Kalaupun Anda merasa betul-betul perlu untuk memposting pertanyaan tersebut ke beberapa group sekaligus, maka gunakan tag [CP] *Cross-Posting*.
2. Ketika bertanya:
Jangan bertanya langsung ke individu/PM. Bertanya ke forum adalah lebih baik, karena:
a. Jawaban dari pertanyaan Anda tersebut menjadi bermanfaat untuk banyak orang.
b. Jawaban dari pertanyaan Anda biasanya akan tersimpan di arsip group tersebut, sehingga akan terus bermanfaat bagi orang lain (muncul di hasil search facebook, dan seterusnya).
c. Poin-poin di atas menjadi insentif bagi para pakar di group tersebut untuk menjawab pertanyaan Anda.
d. Member group dapat bekerja sama untuk membantu menjawab pertanyaan Anda.
e. Pesan yang dikirim langsung dari seseorang yang tidak dikenal cenderung membuat penerimanya menjadi terasa terganggu.
f. Sering-sering lah check thread yang ente buat, jangan memiliki sikap HIT AND RUN, para manstah udah menjawab tetapi ente nggak nongol-nongol, alhasil ente akan mempunyai efek buruk pada group karena sikap ini. Jangan karena thread ente tidak ada yang jawab dalam jangka waktu kurang dari sejam, lantas ente meninggalkan thread. waktu online ente dan member group lain terkadang berbeda.
3. Cara bertanya yang baik:
a. Gunakan kata/tag berikut ini jika kamu membutuhkan pertolongan- ???- tanya- tolong- diskusi- help- ask/wta (want to ask)- minta/request.
b. Gunakan bahasa yang sopan. Jika Anda menggunakan kata-kata yang kasar, adalah hal yang aneh jika kemudian Anda heran ketika tidak ada yang menjawab pertanyaan Anda :-) Gunakan kata-kata seperti "Apakah ada yang bisa membantu saya?", "Terimakasih banyak sebelumnya", dan seterusnya. Ingat bahwa para pakar tersebut tidak menerima bayaran untuk membantu Anda, jadi setidak-tidaknya jangan lupa mengucapkan terimakasih kepada mereka.
c. Jangan asumsikan bahwa Anda berhak mendapatkan jawaban. Ingat FAKTA UTAMA. Karena jika Anda telah berasumsi begini, maka Anda akan kecewa sendiri ketika pertanyaan Anda tidak terjawab, dan alih-alih berusaha introspeksi kenapa tidak ada jawaban Anda malah akan cenderung menjadi marah-marah di forum tersebut dan semakin diabaikan oleh hadirin lainnya (atau kena caci maki balik).
d. Beri judul yang sesuai dan deskriptif. Pertanyaan seperti "iPhone saya sering restart setelah install tweak bla-bla" akan mempunyai kans untuk dijawab yang lebih besar daripada sekedar tanya "tolong dong iphone saya kok tiba-tiba error" tanpa keterangan apapun.
e. Jelaskan masalah Anda secara detil berikut dengan berbagai data-data yang ada. INGAT bahwa para pakar di group tersebut tidak mengetahui kondisi iPhone anda secara jelas seperti versi IOS, JB/Non JB, Tweak atau aplikasi apa saja yang terinstall dll, jadi sumber informasi mereka hanya posting dari Anda saja. Maka buatlah posting tersebut selengkap dan sedetail mungkin.
f. Buat agar postingan Anda informatif dan tidak asal panjang lebar. Sehubungan dengan poin diatas, melampirkan data-data yang tidak relevan sehingga membuat postingan Anda menjadi sangat panjang malah justru akan membuat para pakar merasa segan untuk menjawab pertanyaan Anda. ("ya ampun sudah lama-lama buka postingan dia ternyata isinya cuma beginian" akhirnya cuma jadi tempat ngejunk).
g. Tulis pertanyaan Anda dengan bahasa Indonesia yang benar. Penulisan pertanyaan yang amburadul akan memberikan kesan bahwa Anda adalah orang yang ceroboh, dan para pakar yang sibuk akan merasa segan untuk meluangkan waktunya bagi Anda.
h. Jangan langsung mengklaim bahwa kesalahan ada pada pihak yang lain. Kalimat seperti "gara-gara ikutin saran dari si A iPhone jadi Error" tanpa bukti yang kuat akan cenderung membuat para pemberi tutorial menjadi tidak tertarik untuk membantu menyelesaikan error yang Anda alami, atau malah tersinggung. Cukup jelaskan saja bahwa Anda mengalami error ketika mengikuti tutorial yang diberikan dan bisa dengan kalimat sopan seperti saya sudah mengikuti tutorial ini tapi kenapa jadi error ya iphone saya apakah ada langkah yang saya lewati?, so jangan membuat klaim yang tidak bisa Anda buktikan karena bisa jadi kesalahan justru ada pada anda karena melewati salah satu langkah dari tutorial tersebut.
i. Jelaskan dan paparkan masalahnya, bukan tebakan Anda. Jika Anda bukan pakar di bidang tersebut, maka kemungkinan besar tebakan Anda salah, dan malah menunjukkan kebodohan Anda sendiri di depan umum.
j. Buat kesimpulan setelah permasalahan Anda terjawab. Setelah pertanyaan Anda terjawab/masalah Anda terselesaikan, balas postingan anda yang membeberkan apa saja yang dilakukan untuk menyelesaikan masalah tersebut.Ini akan meningkatkan kemungkinan dijawabnya pertanyaan Anda yang berikutnya di group tersebut, karena para pakar group akan menilai bahwa Anda bisa juga memberi balik (dan tidak hanya meminta) dan mereka pada umumnya sangat menghargai ini.
4. Menanggapi jawaban:
Jawaban yang menyelesaikan permasalahan Anda tentu perlu dibalas paling tidak dengan ucapan terimakasih. Namun bagaimana dengan jawaban:
a. RTFM atau STFW. Balasan berupa sepatah kata RTFM (Read The Fine Manual, terkadang sering diplesetkan menjadi Read The Fu**ing Manual) atau STFW (Search The Fine Web) berarti bahwa Anda telah melakukan kesalahan yang fatal jawabannya sebetulnya sudah ada di dokumentasi produk tersebut (RTFM), atau di Internet (STFW). Jangan tersinggung, karena ini fakta (Anda melakukan kesalahan etika).Karena yang menurut Anda kasar, kadang justru adalah biasa di forum tersebut. Atau ada alasan yang kuat mengapa balasannya seperti itu. Atau mungkin Anda sedang emosi sehingga balasan tersebut terasa kasar bagi Anda. Dan berbagai kemungkinan lainnya. Yang lebih bijak adalah menenangkan diri Anda, dan lalu menjawab balasan tersebut dengan kepala dingin. Jangan emosional, sampaikan data dan fakta saja.
Jika jawaban yang Anda terima tidak berkenan bagi Anda, jangan tersinggung dan marah-marah karena:
1. Kemungkinan Anda akan mengatakan hal-hal yang memalukan Anda sendiri, padahal kebanyakan postingan group facebook terarsip di Internet., dan bisa dilihat oleh seluruh member facebook yang lain.Tindakan Anda bertahun-tahun yang lalu dapat memalukan Anda selama bertahun-tahun setelahnya.
2. Para pakar di group tersebut akan mengingat Anda sebagai orang yang tidak pantas untuk dibantu di masa depanYang lebih baik adalah Anda introspeksi diri Anda sendiri, apakah ada etika-etika bertanya yang telah Anda langgar? Silahkan baca lagi petunjuk ini baik-baik.
Jika rasanya Anda telah cukup berhati-hati dan berusaha, namun masih tetap dimaki-maki, berarti memang group tersebut bukan group yang tepat. Tetapi jangan dibalas, karena Anda sendiri yang akan kena getahnya. Cukup cari saja group lainnya. Dunia tidak selebar daun kelor.
5. Jika tidak ada yang menjawab pertanyaan Anda:
a. Jangan tersinggung. Mungkin memang tidak ada yang mengetahui jawabannya. Tidak ada yang tahu jawabannya bukan berarti Anda diabaikan, walaupun memang sulit untuk membedakannya (karena sifat komunikasi elektronik yang faceless)
b. Jangan posting ulang pertanyaan Anda. Para pakar di group tersebut, yang mengasumsikan bahwa kebetulan tidak ada yang mengetahui jawaban dari masalah Anda, akan merasa kesal ("cerewet benar orang ini"). Sebaliknya, cari jawabannya di group yang lain.
6. Untuk para pakar: Cara menjawab yang baik:
1. Usahakan untuk memahami situasi penanya. Stress karena masalah yang sedang dialami dapat membuat penanya menjadi tidak sengaja membuat postingan yang terbaca kasar/egois. Lebih bijak jika kita memahami, dan membantu mereka.
2. Jika tidak tahu, katakan saja tidak tahu. Jawaban yang salah namun terkesan canggih justru jauh lebih buruk daripada tidak ada jawaban sama sekali, karena akan menyesatkan si penanya. Dan kemudian akan menjatuhkan reputasi Anda sebagai pakar di group yang bersangkutan.
3. Jangan ledek seseorang karena ketidaktahuannya. Anda dulu juga pernah bodoh seperti mereka. Jangan sombong. Ada pepatah sang bapak membimbing anaknya, sang guru membimbing muridnya, senior membimbing junior. Nah, jadi sang bapak, sang guru maupun sang senior kalau mau membimbing jangan pakai sepatunya sendiri. Harus mencoba memakai sepatu yang dibimbing (merasakan berada dalam posisi yg dibimbing), jadi milikilah kesabaran untuk menjawab pertanyaan yang berulang-ulang. Kalau masih belum bisa, berarti belum bisa juga jadi bapak, guru, maupun senior. (copy-an salah salah satu komen di group sebelah).
4. Jika informasi yang ada kurang, jangan segan-segan untuk bekerjasama dengan penanya sampai masalahnya terpecahkan. Ingatkan ketika dulu Anda masih bodoh, dan orang-orang membantu Anda dengan senang hati? Bantuan Anda kepada si penanya mudah-mudahan dapat membuatnya menjadi pakar pula di kemudian hari, yang juga senang membantu orang lain yang tidak tahu.
5. Jawaban RTFM atau STFW memang kadang-kadang pantas untuk dikenakan kepada penanya-penanya tertentu, namun adalah jauh lebih baik jika Anda bisa menyertakan link/URL ke website yang relevan. Bahkan terkadang sekedar memberikan keyword yang tepat untuk dimasukkan di Google sebetulnya adalah bantuan yang sangat berharga bagi sang penanya!
6. Jika ada fasilitas FAQ di forum Anda, jangan lupa untuk mendokumentasikan pertanyaan-pertanyaan yang sering muncul di situ. Para calon penanya terbantu karena jawabannya bisa didapatkan dengan cepat, dan Anda sendiri juga akan terbantu karena volume pertanyaan menjadi berkurang. Semoga bermanfaat.
Sumber Asli : http://wiki.linux.or.id/Cara_bertanya_yang_baik
Dicopas & dimodifikasi sesuai kebutuhan untuk group ini dari:
http://www.kaskus.co.id/
Postingan asli oleh Joseph Chay di grup Kaskus Apple iPhone CommunityCatatan : Beberapa istilah mungkin tidak sesuai dengan dunia Fotografi karena postingan aslinya bukan ada pada grup fotografi,contoh kata "JB/Non JB","Tweak",dll
Jangan kaget, cara Anda bertanya dapat sangat mempengaruhi respons yang akan Anda dapatkan. Jika cara Anda benar, maka di group yang sama bisa jadi malah orang-orang seperti menjadi saling berebutan untuk membantu Anda.
Anda hanya perlu menempatkan diri Anda pada posisi mereka (anggota-anggota group lainnya), dan berpikir, kira-kira pertanyaan seperti apa yang saya akan jawab dengan senang hati?
FAKTA UTAMA:
Para member group saling membantu satu dengan lainnya tanpa bayaran. Kebalikannya, justru mereka mengorbankan waktu dan pikiran untuk menolong Anda.
Buatlah agar mereka merasa tergerak untuk menjawab pertanyaan Anda, dengan melakukan langkah-langkah berikut ini.
1. Persiapan sebelum bertanya:
a. Coba baca lagi dokumentasi produk tersebut baik-baik.
b. Coba cari dahulu jawabannya dengan mencarinya di Internet (via Google, dan lain-lain).
c. Coba cari jawabannya di dokumentasi dari group tersebut (kalau jawabannya sudah ada di dokumentasi kadang-kadang orang akan menjadi jengkel dengan pertanyaan Anda).
d. Dan seterusnya pada intinya; jangan lupa tunjukkan bahwa Anda sudah berusaha untuk memecahkan masalah tersebut. Karena jika Anda tidak menyertakan bukti-bukti usaha Anda, maka orang lain cenderung melihat Anda sebagai pemalas dan tidak merasa tergugah untuk membantu Anda.
e. Cari tahu tempat yang tepat untuk menanyakan pertanyaan Anda tersebut. Misalnya, sudah tahu group iPhone tapi kok tanya tentang Android bukan hanya diabaikan, tapi justru malahan akan mengundang kecaman, jika posting pertanyaan OOT di group tersebut. kecuali jika memakai tag OOT terlebih dahulu.
f. Cross-posting (memposting pertanyaan ke banyak group sekaligus) cenderung membuat orang menjadi malas menjawab pertanyaan Anda ("ah, paling group anu yang akan menjawabnya"), Kalaupun Anda merasa betul-betul perlu untuk memposting pertanyaan tersebut ke beberapa group sekaligus, maka gunakan tag [CP] *Cross-Posting*.
2. Ketika bertanya:
Jangan bertanya langsung ke individu/PM. Bertanya ke forum adalah lebih baik, karena:
a. Jawaban dari pertanyaan Anda tersebut menjadi bermanfaat untuk banyak orang.
b. Jawaban dari pertanyaan Anda biasanya akan tersimpan di arsip group tersebut, sehingga akan terus bermanfaat bagi orang lain (muncul di hasil search facebook, dan seterusnya).
c. Poin-poin di atas menjadi insentif bagi para pakar di group tersebut untuk menjawab pertanyaan Anda.
d. Member group dapat bekerja sama untuk membantu menjawab pertanyaan Anda.
e. Pesan yang dikirim langsung dari seseorang yang tidak dikenal cenderung membuat penerimanya menjadi terasa terganggu.
f. Sering-sering lah check thread yang ente buat, jangan memiliki sikap HIT AND RUN, para manstah udah menjawab tetapi ente nggak nongol-nongol, alhasil ente akan mempunyai efek buruk pada group karena sikap ini. Jangan karena thread ente tidak ada yang jawab dalam jangka waktu kurang dari sejam, lantas ente meninggalkan thread. waktu online ente dan member group lain terkadang berbeda.
3. Cara bertanya yang baik:
a. Gunakan kata/tag berikut ini jika kamu membutuhkan pertolongan- ???- tanya- tolong- diskusi- help- ask/wta (want to ask)- minta/request.
b. Gunakan bahasa yang sopan. Jika Anda menggunakan kata-kata yang kasar, adalah hal yang aneh jika kemudian Anda heran ketika tidak ada yang menjawab pertanyaan Anda :-) Gunakan kata-kata seperti "Apakah ada yang bisa membantu saya?", "Terimakasih banyak sebelumnya", dan seterusnya. Ingat bahwa para pakar tersebut tidak menerima bayaran untuk membantu Anda, jadi setidak-tidaknya jangan lupa mengucapkan terimakasih kepada mereka.
c. Jangan asumsikan bahwa Anda berhak mendapatkan jawaban. Ingat FAKTA UTAMA. Karena jika Anda telah berasumsi begini, maka Anda akan kecewa sendiri ketika pertanyaan Anda tidak terjawab, dan alih-alih berusaha introspeksi kenapa tidak ada jawaban Anda malah akan cenderung menjadi marah-marah di forum tersebut dan semakin diabaikan oleh hadirin lainnya (atau kena caci maki balik).
d. Beri judul yang sesuai dan deskriptif. Pertanyaan seperti "iPhone saya sering restart setelah install tweak bla-bla" akan mempunyai kans untuk dijawab yang lebih besar daripada sekedar tanya "tolong dong iphone saya kok tiba-tiba error" tanpa keterangan apapun.
e. Jelaskan masalah Anda secara detil berikut dengan berbagai data-data yang ada. INGAT bahwa para pakar di group tersebut tidak mengetahui kondisi iPhone anda secara jelas seperti versi IOS, JB/Non JB, Tweak atau aplikasi apa saja yang terinstall dll, jadi sumber informasi mereka hanya posting dari Anda saja. Maka buatlah posting tersebut selengkap dan sedetail mungkin.
f. Buat agar postingan Anda informatif dan tidak asal panjang lebar. Sehubungan dengan poin diatas, melampirkan data-data yang tidak relevan sehingga membuat postingan Anda menjadi sangat panjang malah justru akan membuat para pakar merasa segan untuk menjawab pertanyaan Anda. ("ya ampun sudah lama-lama buka postingan dia ternyata isinya cuma beginian" akhirnya cuma jadi tempat ngejunk).
g. Tulis pertanyaan Anda dengan bahasa Indonesia yang benar. Penulisan pertanyaan yang amburadul akan memberikan kesan bahwa Anda adalah orang yang ceroboh, dan para pakar yang sibuk akan merasa segan untuk meluangkan waktunya bagi Anda.
h. Jangan langsung mengklaim bahwa kesalahan ada pada pihak yang lain. Kalimat seperti "gara-gara ikutin saran dari si A iPhone jadi Error" tanpa bukti yang kuat akan cenderung membuat para pemberi tutorial menjadi tidak tertarik untuk membantu menyelesaikan error yang Anda alami, atau malah tersinggung. Cukup jelaskan saja bahwa Anda mengalami error ketika mengikuti tutorial yang diberikan dan bisa dengan kalimat sopan seperti saya sudah mengikuti tutorial ini tapi kenapa jadi error ya iphone saya apakah ada langkah yang saya lewati?, so jangan membuat klaim yang tidak bisa Anda buktikan karena bisa jadi kesalahan justru ada pada anda karena melewati salah satu langkah dari tutorial tersebut.
i. Jelaskan dan paparkan masalahnya, bukan tebakan Anda. Jika Anda bukan pakar di bidang tersebut, maka kemungkinan besar tebakan Anda salah, dan malah menunjukkan kebodohan Anda sendiri di depan umum.
j. Buat kesimpulan setelah permasalahan Anda terjawab. Setelah pertanyaan Anda terjawab/masalah Anda terselesaikan, balas postingan anda yang membeberkan apa saja yang dilakukan untuk menyelesaikan masalah tersebut.Ini akan meningkatkan kemungkinan dijawabnya pertanyaan Anda yang berikutnya di group tersebut, karena para pakar group akan menilai bahwa Anda bisa juga memberi balik (dan tidak hanya meminta) dan mereka pada umumnya sangat menghargai ini.
4. Menanggapi jawaban:
Jawaban yang menyelesaikan permasalahan Anda tentu perlu dibalas paling tidak dengan ucapan terimakasih. Namun bagaimana dengan jawaban:
a. RTFM atau STFW. Balasan berupa sepatah kata RTFM (Read The Fine Manual, terkadang sering diplesetkan menjadi Read The Fu**ing Manual) atau STFW (Search The Fine Web) berarti bahwa Anda telah melakukan kesalahan yang fatal jawabannya sebetulnya sudah ada di dokumentasi produk tersebut (RTFM), atau di Internet (STFW). Jangan tersinggung, karena ini fakta (Anda melakukan kesalahan etika).Karena yang menurut Anda kasar, kadang justru adalah biasa di forum tersebut. Atau ada alasan yang kuat mengapa balasannya seperti itu. Atau mungkin Anda sedang emosi sehingga balasan tersebut terasa kasar bagi Anda. Dan berbagai kemungkinan lainnya. Yang lebih bijak adalah menenangkan diri Anda, dan lalu menjawab balasan tersebut dengan kepala dingin. Jangan emosional, sampaikan data dan fakta saja.
Jika jawaban yang Anda terima tidak berkenan bagi Anda, jangan tersinggung dan marah-marah karena:
1. Kemungkinan Anda akan mengatakan hal-hal yang memalukan Anda sendiri, padahal kebanyakan postingan group facebook terarsip di Internet., dan bisa dilihat oleh seluruh member facebook yang lain.Tindakan Anda bertahun-tahun yang lalu dapat memalukan Anda selama bertahun-tahun setelahnya.
2. Para pakar di group tersebut akan mengingat Anda sebagai orang yang tidak pantas untuk dibantu di masa depanYang lebih baik adalah Anda introspeksi diri Anda sendiri, apakah ada etika-etika bertanya yang telah Anda langgar? Silahkan baca lagi petunjuk ini baik-baik.
Jika rasanya Anda telah cukup berhati-hati dan berusaha, namun masih tetap dimaki-maki, berarti memang group tersebut bukan group yang tepat. Tetapi jangan dibalas, karena Anda sendiri yang akan kena getahnya. Cukup cari saja group lainnya. Dunia tidak selebar daun kelor.
5. Jika tidak ada yang menjawab pertanyaan Anda:
a. Jangan tersinggung. Mungkin memang tidak ada yang mengetahui jawabannya. Tidak ada yang tahu jawabannya bukan berarti Anda diabaikan, walaupun memang sulit untuk membedakannya (karena sifat komunikasi elektronik yang faceless)
b. Jangan posting ulang pertanyaan Anda. Para pakar di group tersebut, yang mengasumsikan bahwa kebetulan tidak ada yang mengetahui jawaban dari masalah Anda, akan merasa kesal ("cerewet benar orang ini"). Sebaliknya, cari jawabannya di group yang lain.
6. Untuk para pakar: Cara menjawab yang baik:
1. Usahakan untuk memahami situasi penanya. Stress karena masalah yang sedang dialami dapat membuat penanya menjadi tidak sengaja membuat postingan yang terbaca kasar/egois. Lebih bijak jika kita memahami, dan membantu mereka.
2. Jika tidak tahu, katakan saja tidak tahu. Jawaban yang salah namun terkesan canggih justru jauh lebih buruk daripada tidak ada jawaban sama sekali, karena akan menyesatkan si penanya. Dan kemudian akan menjatuhkan reputasi Anda sebagai pakar di group yang bersangkutan.
3. Jangan ledek seseorang karena ketidaktahuannya. Anda dulu juga pernah bodoh seperti mereka. Jangan sombong. Ada pepatah sang bapak membimbing anaknya, sang guru membimbing muridnya, senior membimbing junior. Nah, jadi sang bapak, sang guru maupun sang senior kalau mau membimbing jangan pakai sepatunya sendiri. Harus mencoba memakai sepatu yang dibimbing (merasakan berada dalam posisi yg dibimbing), jadi milikilah kesabaran untuk menjawab pertanyaan yang berulang-ulang. Kalau masih belum bisa, berarti belum bisa juga jadi bapak, guru, maupun senior. (copy-an salah salah satu komen di group sebelah).
4. Jika informasi yang ada kurang, jangan segan-segan untuk bekerjasama dengan penanya sampai masalahnya terpecahkan. Ingatkan ketika dulu Anda masih bodoh, dan orang-orang membantu Anda dengan senang hati? Bantuan Anda kepada si penanya mudah-mudahan dapat membuatnya menjadi pakar pula di kemudian hari, yang juga senang membantu orang lain yang tidak tahu.
5. Jawaban RTFM atau STFW memang kadang-kadang pantas untuk dikenakan kepada penanya-penanya tertentu, namun adalah jauh lebih baik jika Anda bisa menyertakan link/URL ke website yang relevan. Bahkan terkadang sekedar memberikan keyword yang tepat untuk dimasukkan di Google sebetulnya adalah bantuan yang sangat berharga bagi sang penanya!
6. Jika ada fasilitas FAQ di forum Anda, jangan lupa untuk mendokumentasikan pertanyaan-pertanyaan yang sering muncul di situ. Para calon penanya terbantu karena jawabannya bisa didapatkan dengan cepat, dan Anda sendiri juga akan terbantu karena volume pertanyaan menjadi berkurang. Semoga bermanfaat.
Sumber Asli : http://wiki.linux.or.id/Cara_bertanya_yang_baik
Dicopas & dimodifikasi sesuai kebutuhan untuk group ini dari:
http://www.kaskus.co.id/
Postingan asli oleh Joseph Chay di grup Kaskus Apple iPhone CommunityCatatan : Beberapa istilah mungkin tidak sesuai dengan dunia Fotografi karena postingan aslinya bukan ada pada grup fotografi,contoh kata "JB/Non JB","Tweak",dll
0 Response to "Cara Bertanya dan Menjawab yang Baik di dalam sebuah Blog/Forum/Grup/Komunitas"
Posting Komentar